Bali oh Bali Kapan Gue Kasana!!

Posted on

Pulau Bali takkan ada habisnya menyajikan pemandangan alam yang bagus, tapi ternyata tidaklah sekedar Pulau Bali sendiri yang mengandung potensi wisata. Tampaknya, berbagai pulau kecil yang mengitari Pulau Bali tersebut juga menawarkan suasana wisata yang relatif menarik. Satu dari banyak pulau kecil di wilayah Pulau Bali itu sendiri yaitu Nusa Penida Bali. Nusa Penida tersebut merupakan satu pulau yang posisinya bersampingan dengan 2 pulau yang lainnya, ialah Nusa Ceningan serta Nusa Lembongan.

Nusa Penida terletak di Teluk Badung yang beralamat di sisi tenggara Pulau Bali. Pada luas pulau sampai 200km2, Nusa Penida ialah pulau ‘mungil’ yang kian besar daripada Nusa Lembongan yang sekedar berukuran puluhan km saja juga Nusa Ceningan. Sejumlah Pulau Lembongan ditutup oleh bentangan alam bentuknya perbukitan hijau, tapi sebagian pulau yang lain ditutupi daerah kering. Meski begitu, pulau tersebut tetap menjadi wadah keindahan unik yang hadir dari beraneka bentuk, entah pemandangan alam, para satwa dan tanaman, atau budaya penduduk setempat. Nusa Penida tetap punya fasilitas situs wisata yang kian minim kala di kompare dengan Nusa Lembongan, tapi kabarnya, 2 – 3 investor tengah mulai memikirkan pembangunan pariwisata di sana. Justru sisi bukit Nusa Penida tersebut pula mencari sasaran dari seluruh investor itu sendiri. Tak heran, sebab pemandangan dari tebing itulah begitu mahal harganya.

Nusa Penida Bali

Beraneka kegiatan yang boleh kalian nikmati di pulau ini yaitu snorkeling, diving, maupun lintas alam, menonton atraksi burung juga ular-ular besar, menjangkau tempat konservasi penyu ataupun menikmati kelapa muda bercitarasa dari Nusa Penida. Untuk kalian yang mengincar agenda menyelamnya, kalian boleh menyelam dari beberapa spot paling baik di Nusa Penida, sebagaimana Suana Bay, Crystal Bay, maupun Manta Point, yang selaku spot selam cukup tersohor di Nusa Penida. Tempat terkenal ini diberi sebutan Manta Point sebab pada kawasan itu sendiri terdapat cukup banyak ikan pari maupun yang dijuluki manta. Asyik, berkesempatan melihat ikan pari! Sedangkan, bagi pecinta alam kemudian mengincar lintas alam menjadi kesibukan di Nusa Penida Bali, kalian boleh menyusuri salah satu wilayah alam teramat menarik disana, ialah Temeling. Kenapa sebagai teramat menarik, lantaran Temeling punya suatu pemandian alami yang airnya begitu jernih. Maka, kalian bisa renang-renang di sana sepuasnya tuk melepas suntuk setelah trekking.

Nah, bagi yang terpesona dengan fauna di sana, kalian bisa pergi ke tempat penangkaran buat melihat burung langka, semacam Jalak Bali yang saat ini sangat mahal pada harga /ekor yang di jual di pasar gelap. Lokasi penangkaran burung langka tersebut berada di wilayah Ped lalu diberi sebutan Friends of National Park Foundation. Tuk boleh pergi ke Nusa Penida, kalian akan berangkat dari area Pantai Sanur dengan jurusan yang sama kala kalian hendak mengujungi beberapa pulau yang lain yang bersampingan dengan Nusa Penida. Dari Sanur, kalian pasti menemukan tidak sedikit kapal tuk mengantar kalian ke Nusa Penida, satu dari beberapa yaitu speedboat yang punya tarif Rp 75,000. Tidak hanya Pantai Sanur, kalian pula bisa tempuh tur dari Dermaga Padang Bai kemudian menaiki kapal ferry dari sana tuk melintas ke Nusa Penida, tarif kurang lebih Rp 16,000. Jurusan alternatif yang lain yaitu lewat Tanjung Benoa dengan menaiki kapal Quicksilver yang punya tarif Rp 570,000 /orang juga sudah termasuk paket agenda pada saat di Nusa Penida Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *